Selasa, 17 Mei 2011

Menurut Hawking Surga Hanyalah Dongeng

Kepercayaan akan adanya surga hampir ada pada setiap agama didunia. Surga digambarkan sebagai tempat yang penuh dengan kebahagiaan yang kekal. Surga menjadi tujuan atau motivasi dari banyak orang untuk melakukan hal-hal baik didunia. Namun pendapat yang sangat kontroversial diungkapkan oleh fisikawan Stephen Hawking dalam wawancara dengan The Guardian. Hawking mengatakan bahwa konsep kehidupan kekal dan surga hanyalah dongeng belaka.

Hawking mengatakan, kematian terjadi ketika otak berhenti bekerja. Hawking menganggap otak seperti komputer yang akan berhenti bekerja ketika komponennya rusak. Tidak ada kehidupan setelah mati ataupun surga bagi komputer rusak itu. Semua itu cuma dongeng bagi orang-orang yang takut akan kegelapan.

Pernyataan diatas sepertinya mempertegas apa yang dikemukakan oleh Hawking dalam buku The Grand Design. Dalam buku tersebut Hawking menyatakan bahwa penciptaan semesta dan eksistensinya tak perlu peran serta Tuhan.

Kalau kehidupan kekal dan surga tak ada, apa yang harus dilakukan manusia dalam hidupnya? Hawking mengemukakan bahwa hakikat kehidupan adalah menemukan makna dari tindakan yang dilakukan. Hawking sendiri menyatakan bahwa ia tak takut mati.

Hawking juga menyatakan bahwa tidak ada peran Tuhan dalam mengatur semesta, dia berpendapat bahwa semesta diatur oleh sains.

Bagaimana pendapat Anda??? Masyarakat Indonesia 100% beragama, percaya dengan eksistensi Tuhan, dan tentunya percaya adanya surga dan neraka, haruskan kita mempercayai apa yang dikatakan Hawking????

0 comments:

Posting Komentar