Rabu, 08 Februari 2012

Benarkah Gunung Sadahurip Adalah Piramida ?

piramida indonesia gunung saduhuripGunung Sadahurip di Garut, Jawa Barat, banyak dibicarakan dan didiskusikan baik di media cetak maupun media elektronik termasuk di jejaring sosial. Besarnya perhatian publik karena ada berita yang menyatakan bahwa gunung Sadahurip sebenarnya adalah piramida seperti halnya piramida yang ada di Mesir !!!!!. Waahhh benar-benar luar biasa kalau berita itu benar adanya, Pemberitaan adanya piramida di Indonesia memicu beragam pendapat baik dari kalangan pemerintah, ahli geologi maupun masyarakat umum.

Masyarakat Indonesia tentunya berharap berita itu benar, tetapi pihak pemerintah mengatakan bahwa perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan bahwa Gunung Saduhurip adalah piramida. Para ahli geologi punya pendapat berbeda, kebanyakan menyatakan bahwa Gunung Saduhurip tidak mungkin merupakan piramida. Berikut ini adalah beberapa petikan berita yang terkait dengan judul diatas.

Awang Harun, seorang interpreter Geotrek berpendapat bahwa sangat mungkin Gunung Sadahurip adalah Piramida karena beberapa alasan, yaitu :

  • Piramida mempunyai bentuk yang bervariasi dan bentuk Piramida mengalami perubahan dan perkembangan dari masa ke masa perkembangan. ( Bisa jadi gunung Sadahurip merupakan salah satu variasi bentuk piramida !!!!)
  • Alasan berikutnya adalah adanya fakta bahwa piramida tidak hanya dimonopoli oleh Mesir, karena ternyata di beberapa negara juga ditemukan piramida seperti di Persia, Amerika tengah, Spanyol, Nigeria, Yunani dan sebagainya. Di Indonesia juga ada beberapa peninggalan prasejarah dan sejarah yang bentuknya mirip dengan piramida yaitu punden berundak.
  • Piramida bukan tradisi yang asing bagi bangsa Indonesia karena selain bisa membangun punden berundag (piramida) bangsa Indonesia juga mmepunyai peninggalan Candi Borobudur yang bentuknya seperti piramid.
  • Gunung Saduhurip dari penampakannya, sekitar 90 persen bentuknya menyerupai piramida. Gunung saduhurip mempunyai tinggi 1463 meter dpl dan tersusun oleh batuan beku andesitik atau variasinya. Di Sadahurip juga tidak dilaporkan keberadaan kawah di puncak atau di dindingnya.

Bagaimanakah Sikap Pemerintah menanggapi berita bahwa gunung Sadahurip Adalah Piramida ?

(kompas.com, mediaindonesia, detik.com)

0 comments:

Posting Komentar