Sabtu, 17 September 2011

Awas Es Batu Ternyata Penuh Bakteri


Apakah Anda penggemar Es Teh, Es Jeruk, atau Es Campur? Tahukah Anda bahwa ES batu yang biasa kita nikmati di berbagai tempat makan ternyata tidak semuanya bebas dari bakteri. Di Amerika, tercatat 1 dari 3 pub, restoran, dan kafe menyediakan es batu yang penuh bakteri (tidak steril).

Hal itu disimpulkan setelah para peneliti Badan Perlindungan Kesehatan AS yang menemukan bakteri pada tangan, selain karena kurang bersih dalam membasuh tangan. Tes pun dilakukan terhadap mesin penghasil es di 88 perusahaan. Ditemukan, 30 persen tidaknya higienis.

Rincian ini diterbitkan setelah sebuah laporan baru-baru ini mengungkapkan bahwa jumlah orang yang mengalami masalah pada perut melonjak hingga 50 persen jika dibandingkan dengan 1990-an. Sebanyak 17 juta kasus sakit perut terjadi setiap tahunnya di AS. Penyebabnya, es, sendok, dan mesin yang kurang bersih. Dari hasil pemeriksaan ternyata sebanyak 30 persen sampel es ditemukan memiliki kadar bakteri coliform. Dari jumlah tersebut, tiga sampel juga ditemukan mengandung bakteri enterococci dan E coli seperti diuktip dari Daily Mail.

Bagaimana dengan di Indonesia ? Kalau di Amerika saja angka kontaminasi bakteri pada Es batu sudah sebesar 30 %, bisa dibayangkan di Indonesia mungkin angkanya jauh lebih besar lagi. Ini mungkin merupakan pringatan bagi penggemar minuman dingin yang menyegarkan ini, waspadalah akan adanya bakteri di minuman Anda. Demi amannya pastikan Es yang Anda minum dibuat dari air yang steril.

0 comments:

Posting Komentar